Kamis, 21 Februari 2013

Jadwal Try Out UN dan UAMBN MI Kab. Kediri


Nomor            : Kd. 13.6/05/PP.00/216 / 2013                                                Kediri, 15 Pebruari 2013
Lampiran         : 1 Lembar
Perihal             :  Pemberitahuan Try Out

Kepada
Yth. Kepala Madrasah Ibtidaiyah
 Se –Kabupaten Kediri
 Di Tempat

Long List Calon Peserta Sertifikasi Guru RA/Madrasah

Rabu, 20 Februari 2013

Pedoman Pengisian Formulir A 1 (Pengajuan NISN)




I.Umum:

  1. Pilih Jenjang diisi dengan jenjang sekolah anak tersebut

Materi Sosialisasi Kurikulum 2013

Berikut Paparan tentang Kurikulum 2013 dari Kemdikbud dan Presentasi Sosialisasi oleh Agus Maimun (Dosen UIN Maliki Malang)
Donlot Materi (3 file presentasi)
Untuk Standar isi silakan baca lagi di: Siap menyambut kurikulum 2013?

Keajaiban UAMBN di Jatim

Mungkin ini kabar bermata dua, gembira sekaligus "merana". Berdasarkan Surat Kakanwil Kemenag Jatim Nomor:Kw.13.4/5/PP.00/484/2013 bahwa dalam DIPA Kemenag Propinsi Jatim tgl. 25 Desember 2012 terdapat pos anggaran untuk bantuan Vakasi Bagi Pengawas Ruang Ujian Akhir Madrasah  Berstandar  Nasional  (UAMBN) MI, MTs dan MA Tahun Pelajaraa  2012/2013. Tentu saja maksudnya uang rupiah atas nama sejumlah pengawas dari Madrasah Swasta yang di-SK-kan oleh Kepala Kemenag Kab/Kota dengan rincian sbb:

Minggu, 17 Februari 2013

Ayo Operator EMIS Kemenag...

Sebagaimana kata pepatah "Membangun Data itu Tidak Mudah, Lebih Sulit lagi Membangun Tanpa Data". Mari sambut ini dengan semangat jihad:

Bawa Contekan, Kerjasama dalam UN = Tidak Lulus

Dalam Ujian Nasional (UN) 2013 terdapat beberapa perbedaan, baik dari regulasi maupun pelaksanaan jika dibandingkan dengan UN tahun sebelumnya. Beberapa pelanggaran dan sanksi juga diatur dalam UN meskipun hampir sama dengan tahun sebelumnya. Berikut Materi Sosialisasi UN dari BSNP.
Untuk mendownload materi klik gambar berikut:
Materi Sosialisasi UN 2013 BSNP

Rabu, 13 Februari 2013

Warning Pendataan Peserta UN Online

Berikut informasi yang dapat dilihat di situs pendataan peserta UN online Jatim:

KEPADA YTH.TIM PENDATA SISWA UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DARI DINAS PENDIDIKAN DAN MAPENDA KAB/KOTA DI JAWA TIMUR, PENDATAAN SISWA SD/MI HARUS YANG VALID KARENA DATA INI AKAN DIPAKAI SAMPAI SISWA MASUK SMP/MTs DAN SMA/MA.
Sehubungan dengan ini, silakan operator melakukan VALIDASI secara cermat secara online sembari menunggu proses generate nomor peserta UN. 

Selasa, 12 Februari 2013

Pengajuan NISN MI Kami butuh 6 Bulan

Alhamdulillah, akhirnya tanggal 4 dan 6 Februari 2013 pengajuan NISN madrasah kami dikirim hasilnya oleh admin pusat NISN melalui email info@pdsp.kemdikbud.go.id. Berikut kronologis pengajuan NISN kami berdasarkan pengalaman ini:

Sabtu, 09 Februari 2013

Sekilas Info: Pengawas RA/Madrasah 2013

Dalam pembinaan K3MI Kecamatan Badas di MI Riyadlut Tholibin Ibu Siti Marfu'ah, S.Pd, M.Pd.I menyatakan bahwa awal 2013 istilah PPAI (Pengawas Pendidikan Agama Islam) akan berubah menjadi Pengawas Madrasah. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 02 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Islam pada Sekolah. Pengawas Madrasah sendiri meliputi Pengawas RA, MI, MTs, MA, dan/atau MAK.

Terkait dengan pengawas ini juga "Mapenda" yang dulu menangani Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dipecah menjadi dua seksi yaitu Seksi Pendidikan Madrasah dan Seksi Pendidikan Agama Islam.

Untuk meningkatkan kepengawas Madrasah di beberapa wilayah Kemenag Kabupaten Kediri ditambah jumlah pengawasnya, yaitu Kecamatan Badas, Papar, Gurah dan Plosoklaten. Siapa dan bagaimana ditunggu saja kabar selanjutnya.

Jadwal Tentatif Kegiatan Semester Genap 2012/2013 MI Kabupaten Kediri



Catatan: Berdasarkan POS UN MI/SD halaman 12 huruf B, pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat 8 Juni 2013, tetapi dalam Jadwal ini tertulis tanggal 15 Juni 2013. Entah dari mana sumbernya pemilihan tanggal 15 Juni 2013 ini kok tidak sama dengan POS UN MI/SD.

Kamis, 07 Februari 2013

Web NRG......?

Tab Menu Kosong
Entah ini Web dibangun untuk informasi sungguhan dan sedang dalam ujicoba atau bagaimana. Terkesan belum serius. Web yang saya maksud adalah http://nrg-kemdiknas.info/. Yang membuat saya ragu adalah kekurangan-kekurangan yang menurut saya tidak selayaknya terdapat pada web skala nasional dan resmi. Antara lain tampat pada TAB MENU yang belum terisi (kosong). Selain itu data yang sudah

Selasa, 05 Februari 2013

Keajaiban UAMBN, Bikin Nomor Sendiri Tanpa Regulasi

Berbeda dengan Ujian Nasional (UN), Prosedur Operasional Standar (POS) UAMBN sepanjang kami berkecimpung di Madrasah, belum ada sosialisasi resmi baik melalui Mapenda yang sekarang berubah menjadi "Dikmad" (singkatan saya sendiri=Pendidikan Madrasah) maupun Pengawas dalam bentuk rapat. Selama ini hanya dalam bentuk upload file di web resmi yang mayoritas menggunakan domain dan hosting gratisan.

Senin, 04 Februari 2013

Aplikasi Generate Rapor MI Versi 3

Aplikasi Generate File Raport V.3
Sebelumnya telah kami posting aplikasi kapitalisasi huruf pada Nama Siswa keluaran Tim Pendataan UN, kali ini aplikasi untuk membuat blangko entri nilai Raport untuk Kelas VI yang disebut Aplikasi Generate File Raport. Data yang dientri inilah yang akan diproses di Panitia UN tingkat Provinsi. Untuk pelaksanaannya menunggu informasi resmi dari dinas terkait. Namun tidak ada salahnya kita menyiapkan sejak sekarang. Karena berbeda dengan tahun lalu, entri data pada blangko ini menggunakan excel dan mencakup banyak data nilai dan mata pelajaran.

Perubahan Nama Mapenda menjadi Pendidikan Madrasah

Pada tanggal 16 Agustus 2012 Menteri Agama telah menetapkan Peraturan baru tentang tata kerja Kementerian Agama yaitu Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama yang ditetapkan pada tanggal 16 Agustus 2012 dan mulai berlaku pada tanggal diundangkan, 24 Agustus 2012. PMA 13/2012 ini sekaligus mencabut Keputusan Menteri Agama  Nomor  373  Tahun  2002  tentang  Organisasi  dan  Tata  Kerja Kantor  Wilayah  Departemen  Agama  Provinsi  dan  Kantor  Departemen Agama Kabupaten/Kota. 

Silakan Cari di sini

Memuat...

Arsip Blog